Logo Network
Network

Pengawal Pribadi Presiden Rusia Vladimir Putin Tewas Ditembak di Rumahnya 

Muhaimin
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 11:12 WIB
Pengawal Pribadi Presiden Rusia Vladimir Putin Tewas Ditembak di Rumahnya 
Pengawal pribadi Presiden Rusia Vladimir Putin yang ditugaskan membawa koper kode komando serangan senjata nuklir, tewas ditembak di rumahnya. Foto/East2West

MOSKOW, iNews.id - Pengawal pribadi Presiden Rusia Vladimir Putin yang ditugaskan membawa koper kode komando serangan senjata nuklir, tewas ditembak di rumahnya.

Pengawal itu bernama Kolonel Vadim Zimin (53). Dia pernah bertugas di Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia. Dia telah menghadapi tuduhan menerima suap dalam pekerjaan barunya di dinas bea cukai setelah berhenti sebagai perwira di FSB. 

Zimin selama ini bertanggung jawab atas koper yang berisi kode komando serangan senjata nuklir Rusia, yang selalu menyertai pemimpin Kremlin. 

Dia diketahui telah melakukan peran ini sebagai ajudan mantan Presiden Boris Yeltsin. Zimin melanjutkan kariernya di FSB ke pangkat kolonel di bawah pengganti Yeltsin, Vladimir Putin. Tapi peran tepatnya tidak jelas sampai dia akhirnya berhenti dari tugasnya di FSB. 

Dia ditemukan dengan luka tembak di dapur flatnya di Krasnogorsk, wilayah Moskow. Zimin ditemukan oleh saudaranya, yang dilaporkan berada di kamar mandi pada saat penembakan terjadi hari Senin lalu.

Dia terbaring di genangan darah dengan luka tembak di kepala dan pistol Izh 79-9TM tergeletak di dekatnya. Belum jelas apakah dia ditembak mati orang tak dikenal atau justru bunuh diri. Pada saat itu, istri sahnya—seorang petugas medis—sedang pergi merawat yang para tentara terluka dari perang Rusia di Ukraina. 

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini