get app
inews
Aa Read Next : Chubb Life Indonesia Resmi Buka Kantor Pemasaran Baru di Padang

Rumah Makan Padang Sederhana Ada Ratusan Cabang, Pemiliknya Cuma Lulusan SD

Sabtu, 28 Mei 2022 | 19:57 WIB
header img
Rumah Makan Padang Sederhana, bagi para pecinta masakan Padang pasti sudah tak asing. (Foto: Ist)

RUMAH Makan Padang Sederhana, bagi para pecinta masakan Padang pasti sudah tak asing. Hampir di setiap sudut kota di Indonesia, bahkan luar negeri pasti ada cabang warung makan yang satu ini.

Namun dibalik kisah sukses RM Padang Sederhana yang sangat terkenal ini, ada sosok H. Bustaman, pria kelahiran Sumatera Barat pada 1955 lalu. Ia banyak melalui jalan panjang kehidupan yang keras untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Kisah ini dimulai saat Bustaman muda yang hanya lulusan SD terpaksa merantau ke Jambi. Ia merantau karena faktor budaya demi mencari ilmu dan pengalaman.


Namun karena minimnya pengalaman yang dimiliki, di sana dia hanya menjadi pekerja serabutan demi memenuhi kebutuhan hidup. Dia bekerja di kebun karet, jualan koran tukang cuci di rumah makan hingga menjadi pedagang asongan.

Setelah menikah pada 1968 dan dianugerahi dua anak, Bustaman muda memutuskan untuk hijrah ke Jakarta. Di Ibu Kota, dia menumpang di rumah adik iparnya di Matraman, Jakarta Pusat.

Untuk memenuhi nafkah hidup keluarganya, ia berjualan rokok di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak. Namun terpaksa pindah ke Pejompongan lantaran terjadi keributan antara orang Minang dan preman setempat.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Padang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut